Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

Pasar Sehat Genteng sangat terbuka dengan berbagai kerjasama dari berbagai pihak untuk pengembangan lembaga ini dalam memajukan ekonomi lokal. Kerjasama yang dapat kami terima adalah baik dalam bentuk hibah, kerjasama Corporate Social Responsibility (CSR), pinjaman lunak jangka panjang, kerjasama operasi, maupun kerjasama lainnya. 

Berikut kami sampaikan program kerja prioritas Pasar Sehat Genteng untuk dua tahun mendatang yang dapat menjadi objek kerjasama dari berbagai pihak: 

a.       Terminal Agribisnis

Pembangunan Sub Terminal Agribisnis merupakan sarana penyuplai utama bahan baku sayuran di Pasar Sehat Genteng dan diharapkan dengan adanya Sub Terminal Agribisnis harga sayuran yang menjadi komoditas utama Pasar Sehat Genteng lebih kompetitif harganya.

Pembangunan Sub Terminal Agribisnis diharapkan dapat menjadi wadah dan jembatan bagi para petani dan kelompok tani di sekitar kecamatan Cilawu khususnya kabupaten Garut umumnya dengan para pedagang pasar di Cilawu agar dapat bermitra untuk sama-sama meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kecamatan Cilawu. Produk pertanian dan olehan berbasis agro akan disalurkan berdasarkan segmentasi pasar yang ada seperti adanya kualifikasi produk kualitas 1, 2, dan 3 yang dipasarkan secara proporsional sesuai kebutuhan dan permintaan pasar.

Pembangunan Sub Terminal Agribisnis diyakini dapat memicu aktifitas masyarakat sekitar agar lebih dapat menghasilkan nilai ekonomi dengan cara memanfaatkan komoditas pertanian yang ada di Sub Terminal Agribisnis dengan cara mengolahnya menjadi olahan makanan ringan atau kemasan yang nantinya bisa di jual di pasar dan Sentra oleh-oleh Garut.

Kegiatan pada Sub Terminal Agribisnis ini tidak hanya menampung produk pertanian dan produk olahan berbasis agro, tetapi juga memberikan pelatihan bagi petani terkait dengan kualitas mutu produk, strategi pemasaran, serta manajemen keuangan skala kecil. Selain itu, bagi siswa-siswi sekolah yang kurang mampu, diberikan pelatihan pertanian dan kesempatan menyalurkan hasil pertanian siswa-siswi tersebut ke Sub Terminal Agribisnis dengan harapan mereka dapat membantu meringankan beban orang tua untuk biaya sekolah sekaligus menanamkan keterampilan bertani kepada para siswa.

Secara kelembagaan, Sub Terminal Agribisnis dikelola dan dijalankan oleh kelompok tani binaan Pasar Sehat Genteng. Adapun sarana dan prasarana yang dibutuhkan, dipersiapkan oleh Pasar Sehat Genteng karena adanya asset berupa tanah yang telah disiap digunakan yang terletak pada lahan strategis (samping jalan raya), suhu wilayah yang dingin, serta sarana air yang baik.

Pendirian Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis yang merupakan salah satu unit usaha pada Sub Terminal Agribisnis. Para petani yang bekerja sama akan dilibatkan dalam permodalan skala kecil, sehingga dapat menjadi sarana menabung dan investasi bagi mereka dimana tujuan utamanya adalah untuk membina budaya menabung/investasi bagi para petani kecil. Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis ini akan menjadi salah satu binaan dari Baitul Maal Pasar Sehat Genteng. 

      b.     Pembelian Mesin Pencacah Sampah

Pembelian Mesin Pencacah Sampah untuk menekan biaya operasional karyawan dan menjadi solusi efektif bagi permasalahan sampah yang semakin meningkat volumenya dan memberatkan karyawan karena masih menggunakan alat manual dalam pengolahannya. 

      c.     Optimalisasi Baitul Maal sebagai Lembaga Keuangan Mikro

Pelembagaan Baitul Maal Pasar Sehat Genteng yang selama ini telah berjalan namun belum terlembagakan secara institusi. Operasional yang berjalan selama ini adalah simpan-pinjam dalam rangka mengurangi beban uang sewa kios yang berjalan secara harian. Diharapkan ke depan, dengan dilembagakannya Baitul Maal ini, serta pendampingan dari pihak professional (Bank Mandiri dan Asgar Muda), operasionalnya semakin kredibel dan dapat memajukan usaha warga pasar. 

      d.    Pesta Hiburan Rakyat

Mengadakan pesta hiburan rakyat dengan mengundang artis ternama dengan bekerja sama dengan pihak sponsor untuk semakin mendekatkan Pasar Sehat Genteng dengan masyarakat Cilawu dan Kabupaten Garut.

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.