Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

Konsumen Pasar Sehat Genteng saat ini mayoritas berasal dari berbagai desa di sekitar Kampung Genteng yaitu yang terdekat yaitu desa Margalaksana, desa Ngamplang, desa Mangkurakyat dan desa Pasanggrahan. Target kami selanjutnya adalah mempromosikan Pasar Sehat Genteng ke seluruh wilayah Kecamatan Cilawu dan sebagian dari wilayah kecamatan Bayongbong. 

Berdasarkan survey yang kami lakukan pada tahun 2012 dan 2013 bersama The Very50 Japan, 92% konsumen pasar adalah wanita berusia antara 25 – 50 tahun. Berdasarkan kondisi ini, berbagai layanan di pasar, kami arahkan untuk membuat nyaman para perempuan. Langkah yang sudah kami ambil antara lain adanya Toilet khusus wanita serta berbagai media promosi serta tema kios yang bertemakan feminisme.  

Pada saat ini, konsumen Pasar Sehat Genteng dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu Warga dan Warung. Kelompok warga adalah ibu-ibu rumah tangga yang membeli kebutuhan harian rumah tangganya. Umumnya kelompok ini merupakan warga dari beberapa desa di sekitar Pasar Sehat Genteng. Adapun untuk konsumen warung, merupakan warung-warung yang berada di berbagai perkampungan dari berbagai desa di Kecamatan Cilawu. Pemilik warung umumnya berbelanja pada dini hari dalam jumlah komoditas yang cukup banyak. Saat ini fokus perhatian kami adalah menjalin kemitraan dengan warung-warung tersebut, karena dapat menjadi penyambung tangan pasar guna menjangkau perkampungan-perkampungan yang sulit sarana transportasi publiknya. 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.