Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

SMK Setia Bhakti berdiri pada tanggal 15 Juli 1996 merupakan SMK swasta pertama yang didirikan di wilayah Kecamatan Cilawu. Tujuan pendirian sekolah ini adalah untuk mengatasi tingginya angka putus sekolah pada jenjeng sekolah menengah atas serta mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang berkeinginan menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi dengan biaya yang sangat terjangkau. Dasar pendirian ini kemudian menjadi pondasi bagi SMK Setia Bhakti dalanm menjalankan Visi dan Misi Pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan biaya yang terjangkau, bahkan bila perlu, dapat digratiskan dengan persyaratan tertentu. 

 

Sejak berdiri sampai sekarang, SMK Setia Bhakti menunjukan kemajuan yang signifikan, antara lain terlihat dari peningkatan jumlah siswa setiap tahun serta pengembangan jumlah program studi. Saat ini, terdapat empat program studi di SMK Setia Bhakti yang dapat diminati oleh peserta didik: (1) Administrasi Perkantoran yang mempersiapkan siswa-siswi untuk memiliki kompetensi di bidang kesekretarisan dan perkantoran; (2) Teknik Komputer Jaringan yang mempersiapkan siswa-siswi untuk memiliki kompetensi dan keahlian di bidang jaringan komputer; (3) Akuntansi yang menghasilkan siswa-siswi berkompeten di bidang akuntansi terapan sehingga lulusannya terserap oleh industri keuangan; dan (4) Teknik Sepeda Motor yang mempersiapkan siswa-siswi dengan kompetensi keahlian teknisi sepeda motor dan kini telah menjalin kerjasama dengan PT. Yamaha Motor Indonesia.

Visi 

Mewujudkan sekolah yang mandiri, membina peserta didik yang kreatif sehingga dapat mengembangkan potensi diri sesuai dengan kompetensi program keahliannya.

 

Misi

a. Mengembangkan kepedulian terhadap pelayanan kesempatan belajar.

b. Meningkatkan kompetensi peserta didik dengan dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.

c. Mengoptimalkan kemampuan dan tanggung jawab tenaga kependidikan, sehingga kebutuhan edukatif terlayani dengan baik.

d. Mengembangkan kemitraan dengan dunia usaha/dunia industri dan instansi yang relevan serta masyarakat luas untuk meningkatkan mutu pendidikan, agar sekolah mendapat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat.

e. Membina kekeluargaan antara tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

 

Strategi

a. Peningkatan Mutu KBM

1). Tertib administrasi

      - Kepala Sekolah

      - Guru

      - Wali Kelas

      - Staf Tata Usaha

2). Penerapan disiplin waktu

3). Pemberdayaan personal sesuai dengan bidangnya

4). Meningkatkan metoda dan media pengajaran

5). Melaksanakan evaluasi yang berkesinambungan, kompetitif, terukur dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

6). Memotivasi semangat belajar peserta didik

7). Meningkatkan perolehan Nilai Ujian Nasional sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan KBM.

b.Penataan Sarana dan Prasarana

1) Penataan ruang sesuai dengan fungsinya.

2) Merehab ruang dan sarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan

3) Menggalakkan Program K3 (Kebersihan, Keindahan, Ketertiban)

c. Peningkatan Humas

1) Menjalin kerjasama yang lebih aktif dengan instansi horizontal maupun vertikal.

2) Mempromosikan keberadaan sekolah dengan prestasi-prestasi yang telah diraihnya

3) Memacu dan meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler.

4) Selalu memprogramkan Acara Perpisahan Kelas III, sebagai ajang silaturahmi antara warga sekolah dengan orang tua siswa dan lingkungan masyarakat sekitar.

 

 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.