Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

Senin, 17 Oktober 2016

Selama periode bulan September, Yasebha menyelenggarakan Lomba Penulisan Puisi yang diperuntukkan bagi seluruh siswa dan siswi di enam sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan. Tema lomba puisi kali ini adalah “Sekolah Ku” yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan rasa cinta para peserta didik terhadap lingkungan sekolahnya. Orisinalitas hasil karya merupakan persyaratan utama dalam lomba penulisan puisi ini, guna mendidik kejujuran dalam berkarya. Oleh karenanya bila terbukti mengambil karya orang lain atau menyalin dari internet, maka peserta tersebut akan didiskualifikasi. Puisi yang dikirimkan juga diharuskan ditulis tangan yang dapat dikreasikan dengan penataan artistik dari karya yang disampaikan.

 

96 karya puisi masuk ke panitia lomba pada akhir masa pengiriman. Mayoritas peserta mengambil kelas sebagai subtema utama. Namun demikian, terdapat beberapa sudut pandang lain dari beberapa peserta seperti kantin, guru, termasuk perjuangan untuk bersekolah. Kreasi artistik dalam menata penyajian puisi juga sangat beraneka ragam, dari mulai karya yang dihiasi dengan gambar, hingga kreasi bentuk kertas yang beraneka rupa.

Tim Juri yang berasal dari internal pengurus Yayasan cukup kesulitan dalam menentukan pemenang. Hal tersebut timbul dikarenakan kualitas karya yang sangat variatif dengan berbagai kelebihan masing-masing. Setelah menyeleksi, berdebat, dan berdiskusi, berikut ini adalah para pemenang Lomba Penulisan Puisi Yasebha 2016:

Tingkat SMP

Juara 1 Dhesti Solihati (SMP Setia Bhakti)

Juara 2 Istiana (SMP Setia Bhakti)

Juara 3 Herdiansyah (SMP Setia Bhakti)

 

Tingkat SMA & SMK

Juara 1 Neng Risma (SMK Widya Mukti)

Juara 2 Sapitri (SMK Widya Mukti)

Juara 3 Rosmalinda (SMK Setia Bhakti)

Juara Harapan 1: Sri Mulyati (SMK Setia Bhakti)

Juara Favorit Artistik: Susanti (SMK Widya Mukti)

Seluruh pemenang mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan yang langsung diberikan oleh Ketua Yayasan, Bapak Budi M. Isnaeni. Pemberian hadiah berlangsung pada saat upacara gabungan Yayasan yang diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2016.

Selamat kepada para pemenang!

Yasebha_Lebih_Baik!

 

 

 

 

 

 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.