Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

Kamis, 11 Juni 2015

Salah satu unit usaha sosial (Social Enterprise) yang berada di bawah naungan Yayasan Setia Bhakti yaitu Pasar Sehat Genteng, telah berhasil menjadi Juara Dunia pada kompetisi “What is Out There?” Competition 2nd Edition, di Madrid, Spanyol. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Saudi Spanish Center for Economics and Finance (SCIEF) dengan tema tahun ini yaitu “Financing a Better World”. Adapun pengumuman resmi oleh SCIEF dapat diakses pada link berikut ini: http://www.scief.es/wiot15_context.php.

 

Kompetisi “What is Out There?” Competition 2nd Edition merupakan kompetisi internasional yang diperutukan bagi inovasi gerakan sosial-ekonomi yang berkelanjutan sehingga memiliki dampak nyata dan luas bagi pengembangan sosial-ekonomi masyarakat. Pada tahun ini, kompetisi tersebut diikuti oleh lebih dari 60 organisasi dari berbagai negara, hingga tersaring enam finalis: Spanyol dua organisasi, Australia dua organisasi, Saudi Arabia satu organisasi, dan Indonesia satu organisasi, yaitu Pasar Sehat Genteng. Keenam finalis tersebut dapat diakses pada link berikut ini: http://www.scief.es/videos-2.php.

Dalam babak final yang berlangsung pada hari Senin, 8 Juni 2015, Pasar Sehat Genteng diwakili oleh dua pemuda yaitu saudara Budi M. Isnaeni (Direktur) dan Taufik Hidayat (Bendahara), dan sukses mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi Juara Dunia pada kompetisi tersebut dan berhak mendapatkan dana investasi sebesar €2000 (Dua Ribu Euro) serta berbagai pendampingan professional dari beberapa ahli.

 

Sekilas tentang Pasar Sehat Genteng

Pasar Sehat Genteng merupakan kewirausahaan sosial yang memberdayakan masyarakat di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Pasar Sehat Genteng merupakan pasar tradisional swadaya pertama di Kabupaten Garut yang pendiriannya berangkat dari besarnya angka kemiskinan di Kecamatan Cilawu serta besarnya potensi sumber daya pertanian yang belum diberdayakan secara optimal. Pasar Sehat Genteng secara organisasi merupakan salah satu unit usaha sosial Yayasan Pendidikan Setia Bhakti yang sebelumnya telah bergerak dalam bidang pendidikan yang fokus bagi keluarga miskin dan kurang mampu di Kecamatan Cilawu melalui enam unit sekolah yang ada (jenjang TK, SMP, SMA, SMK). Pasar Sehat Genteng kini menjadi sandaran hidup ratusan kepala keluarga serta wahana penghidupan ratusan penduduk melalui berbagai turunan aktivitas pasar. 

Sebelum menjadi Juara Dunia pada ajang “What is Out There?” Competition 2nd Edition, Pasar Sehat Genteng telah menerima berbagai penghargaan nasional dan internasional sebagai berikut:

  1. Pada September 2012, Pasar Sehat Genteng terpilih sebagai Juara Dua Nasional Kewirausahaan Sosial terbaik di ajang Mandiri Bersama Mandiri Challenge - Bank Mandiri serta Finalis Sukma Award sebagai pemberdaya perempuan terbaik nasional.
  2. Pasar Sehat Genteng juga mewakili Indonesia dan ASEAN sebagai lokasi workshop internasional NGO internasional,  The Very50 JAPAN, sebagai percontohan solusi terbaik pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat.

 Pengumuman Resmi dari website SCIEF (http://www.scief.es/)

 

 

 

 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.