Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

 

Pasar Sehat Genteng merupakan bidang ekonomi Yayasan Setia Bhakti yang digagas oleh kaum muda. Pendirian Pasar Sehat Genteng didasari masih tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran di kawasan kecamatan Cilawu. Kaum muda juga beranggapan bahwa sektor Pendidikan belum cukup cepat dalam mengatasi masalah itu. Dengan adanya lapangan usaha dan peningkatan penghasilan diharapkan akan membantu mengatasi masalah ini. Selain itu jarak Pasar Terdekat +/- 10 km. 

Pasar Sehat Genteng didirikan pada bulan Juni tahun 2010 di Kp. Sidangsari, Desa Margalaksana, Kecamatan Cilawu Garut. Berawal dengan mendirikan 12. Antusias masyarakat yang tidak mampu untuk berwirausaha ternyata sangat besar, karena kami memberikan kesempatan bagi mereka untuk berdagang dengan biaya yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya antusiasme warga yang ingin berwirausaha dan jumlah konsumen yang semakin meningkat, pada awal tahun 2011 kami menambah jumlah kios dan memperluas area Pasar. Pada saat ini, Pasar Sehat Genteng memiliki kios sebanyak 250 kios untuk disewakan dan memiliki 90 lapak meja untuk pedagang kaki lima serta 10 toko. Jumlah pedagang aktif saat ini adalah sebanyak 230 orang. 

Mekanisme yang kami terapkan dalam menjalankan pasar ini adalah sebagai berikut:

  • ·          Kios kami sewakan dengan harga 1 2 juta rupiah per tahunnya, tergantung lokasi kios, besar kios, serta bangunan kios. Kami membuat segmentasi area berdasarkan produk, yaitu produk basah seperti sayuran dan produk kering seperti pakaian dan kelontongan. Kami sama sekali tidak menjual kios dalam rangka menjaga sustainabilitas pasar serta menjamin bahwa pasar ini didirikan guna membantu dan memberikan kesempatan bagi masyarakat, khususnya masyarakat ekonomi lemah agar dapat berjualan di pasar ini. Karena asumsi kami apabila sistem yg digunakan adalah jual beli kios, maka yang akan berjualan di pasar ini adalah masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas yang mampu membeli kios. Oleh karena itu dengan sitem sewa pakai kios dengan harga yang terjangkau, diharapkan seluruh masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk dapat berjualan di pasar ini.
  • ·         Lapak kaki lima kami peruntukkan bagi masyarakat yg masih belum mampu untuk menyewa kios, juga diperuntukkan bagi petani atau masyarakat yang ingin berwirausaha namun tidak memiliki produk yang berkesinambungan. Sistem yang kami gunakan yaitu menyewakan meja berukuran 80cm x 120cm dengan sistem sewa harian seharga Rp. 2000,- per hari. Sistem sewa harian ini, sangat membantu warga berkemampuan ekonomi sangat terbatas untuk dapat bertransaksi di pasar ini. 

Pasar Sehat Genteng kini menjadi sandaran hidup ratusan kepala keluarga sebagai sarana pencari nafkah bagi keluarganya. Tidak sedikit warga yang awalnya tidak sejahtera, setelah berdagang skala kecil di pasar ini, kini meningkat kesejahteraanya. Peningkatan kesejahteraan tersebut dapat dilihat dari peningkatan kemampuan daya beli masyarakat di sekitar Pasar Sehat Genteng yang semakin membaik. Diharapkan ke depan, pasar swadaya masyarakat ini dapat terus berandil meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai petani. Lebih jauh, misi kami adalah menjadikan kawasan Genteng sebagai kawasan sentra ekonomi Kecamatan Cilawu dan Kab. Garut dengan komoditas produk pertanian sebagai produk unggulannya. 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.