Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

Kemiskinan merupakan masalah utama di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi. Faktor kemiskinan ini menyebabkan banyak anak yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena mahalnya biaya sekolah dan jarak yang jauh dari rumah.

 

Oleh karena itu, Pada tahun 1990 Drs. H. Rukana (Alm) dan Hj. Lilis Noor Aida (Almh) berserta staff mendirikan Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) untuk membantu anak-anak dari warga miskin agar tetap dapat melanjutkan sekolah. Yasebha memberikan biaya yang sangat murah bahkan gratis untuk warga miskin. Harapannya dengan bersekolah dapat mengubah kehidupan keluarga menjadi lebih baik. 

 

Yasebha merupakan yayasan pendidikan swasta pertama di kecamatan Cilawu, Garut. Yasebha beralamat di Jl. Genteng-Munjul 435 Cilawu Garut. Dari tahun 1990-2000 Yasebha mendirikan 4 sekolah yaitu (TK Setia Bhakti, SMP Setia Bhakti, SMA Setia Bhakti, SMK Setia Bhakti) . Selain pendidikan formal pada tahun 2000, Yasebha mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). 

 

Selain bergerak di bidang Pendidikan, Yasebha juga bergerak dalam bidang ekonomi dan lingkungan. Yasebha mendirikan Toko Bahan Bangunan di Bandung pada tahun 2003. Pendapatan dari sektor ini digunakan untuk membantu operasional kegiatan pendidikan. Selain sebagai tempat usaha, toko bangunan ini juga dapat digunakan sebagai tempat magang para siswa SMA/SMK.

 

Di bidang lingkungan pada tahun 2003, Yasebha mengajak masyarakat untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman pada tahun 2010, Yasebha mengadakan kegiatan rehabilitasi tanah akibat usaha batu bata dengan metode Agroforestry. Harapannya bukan hanya mengembalikan fungsi tanah tetapi juga sebagai investasi.

 

Pada tahun 2010 Yasebha melihat dan merasakan bahwa Pendidikan belum cukup cepat dalam membantu mengatasi kemiskinan masyarakat. Oleh karena itu, Yasebha mendirikan Pasar Sehat Genteng (PSG) yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat sekitar. PSG merupakan pasar swasta pertama di kabupaten Garut dengan harga sewa toko/kios/lapak yang sangat murah. 

 

Pada tahun  2012, Yasebha mendirikan sekolah yang bernama SMK Widya Mukti yang berkonsep entepreneurship. SMK Widya Mukti ini berada di wilayah kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya

 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.