Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

SMP Widya Mukti merupakan sekolah SMP swasta yang dirintis oleh Yayasan Setia Bhakti di Desa Kersamaju, Kecamatan Cigalontang, Kab. Tasikmalaya. Pendirian SMP Widya Mukti dilatarbelakangi oleh dua hal. Pertama jauhnya lokasi sekolah menengah dari daerah ini sehingga menyulitkan siswa/i yang ingin bersekolah. Kedua, besarnya angka putus sekolah untuk jenjang SMP khususnya di daerah ini akibat tingginya angka kemiskinan. Oleh karena itu, kami hadir sebagai institusi pendidikan yang mengayomi murid dari berbagai latar belakang, khususnya mereka yang secara social-ekonomi lemah.

Sejak tahun 2013, terjadi perubahan manajemen yang menaungi SMP Widya Mukti. Yayasan Setia Bhakti berubah perannya sebagai Pembina. Adapun pemilik penuh termasuk pengelolaan harian SMP Widya Mukti diserahkan kepada Yayasan Widya Mukti.

 

VISI

Menciptakan kader-kader bangsa yang islami, beriman dan bertaqwa, berwawasan maju dan mandiri serta memiliki wawasan dan keterampilan yang unggul.

 

MISI

  1. Mempertebal keimanan dan membina suatu akhlak yang mulia.
  2. Meningkatkan mutu dan efisiensi pendidikan.
  3. Menciptakan SDM yang handal dan berkualitas.
  4. Mendayagunakan segala potensi sekolah dan menata lingkungan secara optimal.
  5. Meningkatkan pelayanan dan kerjasama sekolah dengan masyarakat secara harmonis dan saling mendukung satu sama lain.

 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.