Copyright 2019 - www.setiabhakti.id

Masyarakat sekitar, baik Cilawu maupun Kab. Garut senantiasa tertarik dengan pasar sehat tradisional kami karena banyaknya dampak dan benefit yang ditimbulkan dengan berdirinya Pasar Sehat Genteng yaitu: 

a.   Adanya kesempatan bagi masyarakat Kecamatan Cilawu dengan kondisi ekonomi terbatas untuk menjadi pedagang pasar dengan modal tidak terlalu besar.

Kami tidak menjual kios, tetapi menyewakan kios dengan tujuan menjamin visi kami untuk memajukan masyarakat ekonomi lemah. Harga sewa kios hanya sebesar 1 s.d. 2 juta rupiah per tahun serta dapat dicicil sehingga cukup terjangkau oleh masyarakat ekonomi lemah untuk dapat berdagang beberapa komoditas di pasar ini. 

b.      Meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat

Adanya Pasar Sehat Genteng telah membuka berbagai profesi sebagai turunan dari aktivitas pasar seperti kuli angkut, ojek, jasa parkir, dan lainnya yang dapat menyerap tenaga kerja lokal. Kondisi tersebut telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti banyaknya masyarakat yang dapat membeli sepeda motor, berkurangnya tingkat putus sekolah, meningkatnya jumlah penerimaan zakat setempat serta indikator lainnya. 

c.       Meningkatnya jumlah wirausaha lokal

Pada tahun 2010, ketika kami mendirikan pasar ini, kami hanya memiliki kios sebanyak 90 kios dan seluruhnya laku disewa oleh masyarakat setempak khususnya petani. Saat ini pada tahun 2012 sudah 250 kios yang telah beroperasi dan permintaan atas sewa kios semakin meningkat karena banyaknya masyarakat kecil yang tertarik untuk menjadi pedagang dengan harapan dapat memperbaiki kehidupan ekonomi mereka. Kami merencakan untuk kembali menambah jumlah kios hingga berjumlah 400 kios pada lahan yang sudah tersedia. 

d.      Meningkatnya tabungan masyarakat di perbankkan

Semenjak berdirinya Pasar Sehat Genteng, beberapa cabang perbankkan yang ada di Garut telah mendatangkan unit mobile-nya (umumnya berupa layanan mobil/tenda) untuk membuka gerai tabungan serta pinjaman. Saat ini, gerai layanan perbankkan mikro tersebut membuka layanan secara rutin pada hari atau minggu tertentu dengan peminat yang cukup banyak khususnya pedagang pasar serta konsumen pasar. Dengan demikian cukup jelas bahwa adanya Pasar Sehat Genteng telah meningkatkan kuantitas perputaran uang lokal masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya menabung masyarakat lokal. 

e.      Pasar Tradisional yang Nyaman, Sehat, dan Ramah bagi Perempuan

Pasar Sehat Genteng sangat nyaman bagi konsumen dan pedagangnya karena lingkungannya yang bersih. Para pedagang yang merupakan masyarakat yang kami berdayakan berkomitmen untuk menjaga image “sehat” yang diusung oleh pasar tradisional ini. Selain itu, pasar ini sangat ramah terhadap perempuan yang merupakan konsumen utama pasar ini. Program ramah perempuan tersebut tercermin dari adanya toilet khusus perempuan, kontur jalan dan akses yang mudah bagi perempuan, serta berbagai tema suasana perempuan yang juga dihadirkan di pasar ini. Konsep-konsep tersebut menjadikan konsumen senantiasa memilih pasar tradisional ini sebagai sarana mereka untuk memenuhi kebutuhannya maupun menjual hasil produk pertanian mereka. 

f t g

 

Yayasan Setia Bhakti Genteng (Yasebha) merupakan sebuah institusi independen yang bergerak pada empat sektor utama: Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi, Seni dan Budaya. Di sektor pendidikan, Yasebha memiliki 6 sekolah di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Empat sekolah di Kabupaten Garut yaitu (1) TK Setia Bhakti, (2) SMP Setia Bhakti Cilawu, (3) SMA Setia Bhakti Cilawu, dan (4) SMK Setia Bhakti Cilawu. Adapun dua sekolah kami di Kabupaten Tasikmalaya yaitu SMP Widya Mukti dan SMK Widya Mukti. Selain pendidikan formal, kami juga bergerak di bidang pendidikan informal antara lain melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta berbagai kursus keahlian.

 

Sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan budaya luhur dan khasanah seni tradisional Sunda, Yasebha mendirikan Sanggar Seni dan Budaya Setia Bhakti. Sanggar ini menaungi siswa/i dari sekolah-sekolah di bawah Yasebha, termasuk masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan rutin berkesenian, pementasan, termasuk ajang kreasi seni dan budaya.

 

Di sektor ekonomi, Yasebha mendirikan beberapa Toko Bahan Bangunan dan Pembuatan Mebelair di Kabupaten Garut dan Kota Bandung. Yasebha juga mendirikan Pasar Sehat Genteng, sebuah pasar tradisional swadaya pertama di Garut yang memberikan peluang berusaha bagi masyarakat petani lokal berekonomi lemah. Adapun di sektor lingkungan, Yasebha mengajak masyarakat lokal untuk melakukan investasi dengan cara menanam kayu keras. Berbekal dari pengalaman tersebut, cakupan semakin diperluas dengan kegiatan rehabilitasi tanah pertanian yang rusak akibat industri batu bata dengan metode Agroforestry.